kumpulan daftar pustaka
DAFTAR
PUSTAKA
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan
Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
________.2001b. Peningkatan Mutu Pendidikan di
Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
DePorter, Bobbi.
2002. Quantum Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Suryosubroto.
1997. Proses
Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. 2000. Refleksi
dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta:
Adicita.
Usman, Moh Uzer.
2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
William, LV.
1983. Teaching for The Two Sided. Englewood Cliffs New Jersey:
Prentice Hall.
Yusak, Muchlas. 2003. Wawasan Kependidikan, Empat
Pilar Pendidikan. Semarang: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.
1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Jakarta: Rineka Cipta.
Djazuli, Ahmad, dkk.
2000. Quantuum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung:
Kaifa.
Depdikbud. 2002. Model-Model
Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan
Nasional. Jakarta. PGSM.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang
RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Dianawati, Ajen.
2005. Mengenal Alam dan Budaya Indonesia. Jakarta: Wahyu
Media.
Dimyati &
Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Eggen dan Kauchak
(Sunaryo). 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Kasbolah, Kasiani.
1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud: Jakarta.
Nasution, S.
2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Bumi Aksara
De Porter dan
Hernacki. 2001. Model Quantum Learning. Yogyakarta: Fakultas
Psikologi Universitas Gajah Mada.
DePorter, Bobbi.
2002. Quantum Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Poerwadarminta.
1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, N.
1997. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Suhadjano. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujono. 2004. Pembelajaran
Quantum Learning. Bandung: Aglesindo.
Suryabroto.
1997. Hakekat Inovasi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Usman, Moh Uzer.
2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI
Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Fraenkel, Jack R. 1980. Helping
students think value strategies for teaching social studies. New Jersey:
Prentice-Hall.
Gofur, Abdul. 1993. Desain
Instruksional Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar
dan Mengajar Solo: Tiga Serangkai.
http://ilhoe.wordpress.com/materi/. Pengertian diskusi menurut Achsin. diakses
tanggal 12 Juni 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta:
Depdiknas.
Kososih Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning
Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis dan Teggart. 1988. The Action
Research Planner. Deakin Univercity
Kenworthy, Leonard S.1981. Social
studies for the eighties. Canada: John Wiley & Sons.
Mariana, Andi. 2004. Pengaruh Diskusi
Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Skripsi. Makassar;
Universitas Negeri Makassar.
Martorella, P.H. 1994. Social studies
for elementary school children, developing
young citizen. New York: Merill.
Passe Jeff. 1999. Elementary School
Curriculum. Jakarta. USA; Mc-GraHill.
Romlah, Tatiek. 1989. Teori dan
Praktek Bimbing Kelompok. Jakarta: P2LPTK.
Sudjana, dkk. 1989. Pedoman Praktek
Mengajar. Bandung; Depdikbud.
Samana, A. 1992. Sistem Pengajaran.
Jakarta; Kanisius.
Syafei, Iman, Dkk. 1998. Pendekatan
Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Wiyanto, Asrul. 2000. Seni Terampil
Diskusi. Jakarta: Grafindo.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Haling. 2006. Belajar dan Pembelajaran.
Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Anonim. 2006. Pembelajaran. Artikel Ilmu Pendidikan,
(Online), (http://learning-with-me.blogspot.com, diakses 03 Mei 2008).
Anonim. 2008. Model Pembelajaran Inovatif. Artikel
Ilmu Pendidikan, (Online),(http://smp.kps.sch.id, diakses 9 April 2008)
Arnidah, dkk. 2005.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Diklat Matematika untuk Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Siswa di
SMKN 1 Makassar. Jurnal Pendidikan. 2, (3): 282.
Merita Wijayanti K.
2007. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan
Soal-Soal Aplikatif Melalui Strategi Bertukar Pasangan pada
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sengkang. Skripsi tidak diterbitkan.
Makassar: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Muslich Masnur.
2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina.
2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1989. Metoda
Statistika Edisi ke 5. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006.Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munir Tanrere, dkk. 2005.
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Devisions untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan,
2, ( 3): 242-269.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2003. Pendekatan
Kontekstual (Contextual Teching And Learning). Dirjen Dikdasmen
Departemen Pendidukan
Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP )
SD/MI. Jakarta : Depdiknas.
Djumanta, Wahyudin.
2005. Mari Memahami Konsep IPA Untuk Kelas V Sekolah Dasar,Bandung
: Grafindo Media Pratama.
Fisher. Muh. Amin.
1987. Asas-Asas Praktik Mengajar Sains. Jakarta: Bharata.
Harmija. 2005. Peningkatan
Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sangir
Makassar. Skripsi: PGSD UNM.
Hudoyo, Herman.
1990. Strategi mengajar belajar IPA, Malang : IKIP Malang.
Slameto, 1995. Belajar
dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumaji, Soehakso,
Mangun Wijaya, dkk. (1998). Pendidikan Sains yang Humanistis.Yogyakarta:
Kanisus.

Suharsini. 1997. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsini, Suhardjono,
Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1989.
Penilaian Hasil Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru.
Tiro, Arif.
2002. Statistika Dasar. Makassar: Andira Publisher.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini,
2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ali, Muhammad.
1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Bundu dan Kasim.
2008. Konsep Dasar IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Darmodjo. 1993. Pendidikan
IPA II. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyanti. 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2005. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan
Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP )
SD/MI. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah dan Zain.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim dan Nana
Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Khaeruddin.
2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan KBK. Makassar:
Universitas Negeri Makassar.
Khalik, Abdul.
2009. Penelitian Tindakan Kelas. Pare-pare: Universitas Negeri
Makassar.
Kemmis dan Teggart.
1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity.
Moedjiono dan
Dimyanti. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Nurohman, Sabar.
2009. Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya
Meningkatkan Life Skills Peserta Didik. http://www.chass.ncsu.edu/ids/stsdiakses tanggal 20 Juni 2012.
Rifai. 1998. Strategi
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Roestiyah. 2008. Strategi
Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri,
Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono. 1992. Teknik
Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana,
Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Thamrin. 1995. Pendidikan
IPA Sains di SD. Jakarta: Rumin Pustaka Jaya
Tim Bina Karya Guru.
2008. IPA SD kelas IV. Jakarta: Erlangga.
DAFTAR
PUSTAKA
Ali, Muhammad.
1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Badan Standar Nasional
Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Bundu dan Kasim.
2008. Konsep Dasar IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Dimyanti. 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful
Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemmis dan Teggart.
1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity.
Khalik. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Pare-pare: Universitas Negeri Makassar.
Moedjiono dan
Damyanti. 1991. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sujana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka
Cipta.
Schoenherr, Palendeng. 2003. Strategi Pembelajaran Sains. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful
Bakri, 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT.
Usaha Nasional
Hamalik, O 2004. Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Harahap. 1991. Bimbingan
ke Arah Belajar yang sukses.Penerbit Rineka Cipta.
Mulyasa. 2007. Menjadi
Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.
Bandung: Rosdakarya
Munandar, Utami.
1991. Berbagai Masalah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta:
Bina Aksara.
Poerwadarminta W.J.S.
1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai
Pustaka
Purwanto, Ngalin.
1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Karya
Seto. 2004. Strategi
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Rieneka Cipta.
Slameto. 1991. Belajar
dan Fakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. Bina Karya
Subana dan Sumarti.
2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung:
Pusaka Setia.
Tarigan, HG.
1991. Motodologi Pengajaran Bahasa -2. Bandung: Angkasa
Tim Penyusun kamus
Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesi, Ed. 3. Jakarta:
Balai Pustaka.
Wiriaatmadja, Rochiati Prof.Dr. 2005. Metode
Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DAFTAR PUSTAKA
Anni, Chatarina Tri, dkk. 2005. ”Psikologi
Belajar”. Semarang : UPT UNNES Press.
Arifin, Zaenal. 1991. ”Evaluasi
Interaksional : Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. ”Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
------------------------. 2002. “Prosedur
Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
------------------------. 2006. ”Penelitian
Tindakan Kelas”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Darsono, Max, dkk. 2002. ”Belajar dan
Pembelajaran”. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi
Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Mudjiono. 2000. ”Proses
Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hastuti, Widya. 2003. ”efektivitas
Penggunaan Metode Pembelajaran STAD untuk Mengajarkan Sistem Linier Dua Peubah
Siswa Kelas 2 Semester II SLTP N 24 Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003”. Skripsi.
FMIPA UNNES.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. ”Pembelajaran
Kooperatif”. Surabaya : University Press.
Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning :
Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT.
Gramedia.
Mulyasa, E. 2004. “Kurikulum Berbasis
Kompetensi : Konsep, Karakteristik, danImplementasi”. Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2002. ”Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Bumi Aksara.
Nurhadi. 2004. ”Kurikulum 2004 :
Pertanyaan dan Jawaban”. Jakarta : PT. Grasindo.
Nur, Muhammad. 2005. ”Pembelajaran
Kooperatif”. Jawa Timur : Depdiknas.
Poerwadarminta. 1995. ”Kamus Umum
Bahasa Indonesia”. Jakarta : Balai Pustaka. Ritonga, dkk. 1999. ”Pelajaran
Ekonomi 2 untuk SMU Kelas XI”. Jakarta : Erlangga.
Saptono, Sigit. 2003. ”Paparan Kuliah
Strategi Belajar Mengajar Biologi”. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA
UNNES.
Sardiman, A.M. 2004. ”Inetaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Setyorini, Rahayu. 2003. “Perbandingan
Hasil Belajar Matematika antara ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan
STAD pada Pokok bahasan Sistem Persamaan Linier pada Siswa Kelas I
Semester II SMU N I Guntur Kabupaten demak tahun Pelajaran
2002/2003”. Skripsi. FMIPA UNNES.
Sudjarwo, H. 2001. “ Metodologi
Penelitian Sosial”. Bandung : Mandar Maju.
Supardi. 2006. ”Penelitian Tindakan
Kelas”. Jakarta : Bumi Akasara.
Sudikin, dkk. 2002. ”Manajemen
Penrlitian Tindakan Kelas”. Insan Cendekia.
St. Sunarto. 2005. ”Bagaimana
Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research)”. Regional Education Development and Improvement Program
(REDIP) : JICA.
Sutarto, Joko. 1999. “Pengantar
Pendidikan”. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar