daun

Rabu, 09 Oktober 2013

analisis wacana


Wacana terhasil daripada satu susunan idea-idea yang tersusun dengan teratur. Setiap idea yang ditulis perlulah berkesinambungan dengan idea yang lain. Idea itu pula perlulah mempunyai makna dan perlu berkait dengan topik yang hendak diutarakan. Selain itu, wacana merupakan bidang linguistik yang tertinggi
WACANA komunikasi verbal; percakapan; keseluruhan tutur yg merupakan suatu kesatuan; satuan bahasa terlengkap yg direalisasikan dl bentuk karangan atau laporan utuh, spt novel, buku, artikel, pidato, atau khotbah; kemampuan atau prosedur berpikir secara sistematis; kemampuan atau proses memberikan pertimbangan berdasarkan akal sehat; pertukaran ide secara verbal;

Semua perkara yang melibatkan bahasa ialah wacana. Retorik menjadi komponen yang penting bagi wacana.2.Fonologi merupakan kajian mengenai fonem sebagai unit bahasa. Sintaksis pula mengkaji ayat sebagai unit bahasa, binaan serta konstruksinya. Bagaimanapun kebolehan menguasai bidang-bidang ini hanya menjamin kebolehan menggunakan sistem dan peraturan-peraturan tatabahasa sahaja.3.Tingkat-tingkat fonem, morfem, kata. frasa, klausa, dan ayat merupakan peringkat bentuk; manakala wacana merupakan peringkat fungsi.

Contoh kasus:
 cekcok karena bahasa
Ternyata tak selamanya istri menjadi korban dalam kasus tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).


Ini terjadi pada kasus KDRT pasangan suami istri Ahmad Abdullah (38) dan Nursulis Prihati (35), di mana sang suami justru menjadi korban penganiayaan yang dilakukan istrinya, di rumah mereka di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
Diduga, akibat pertengkaran yang disebabkan persoalan ekonomi, Minggu (21/4/2013) malam, pasangan suami istri beradu mulut dan berujung mengamuknya si istri, hingga menyerang suaminya. Akibatnya, Ahmad mengalami luka memar di bagian pipi, bibir, dan hidung.
"Awalnya cekcok persoalan ekonomi, si istri marah dan mengamuk lalu memukul, mencakar, serta mendorong suaminya hingga si suami luka-luka," ujar Staf Humas Polres Metro Jakarta Selatan Aiptu Broto Suwarno, Senin (22/4/2013).
Kasus ini tengah dalam proses penyelidikan polisi. Broto mengatakan pihaknya masih mengupayakan solusi damai di antara kedua pihak.Sedangkan si istri saat ini dibawa ke rumah orangtuanya di kawasan Jatiasih, Bekasi, agar bisa lebih menenangkan diri.
"Untuk sementara Nursulis pulang ke rumah orangtuanya," ucap Broto. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar