daun

Minggu, 19 Mei 2013

contoh analisis SWOT pada SMP N 35 Surabaya

KESISWAAN
Kekuatan (strength - internal):
1.      Letak SMP Negeri 35 Surabaya strategis, sehingga membuat banyak calon  peserta didik yang tertarik untuk belajar di SMP Negeri 35 Surabaya.
2.      Nilai input SMA Negeri 35 Surabaya cukup tinggi.
3.      Minat calon siswa terhadap SMP Negeri 35 Surabaya cukup tinggi.
4.      Upaya meningkatkan kualitas lulusan disetiap tahun
Kelemahan (Weekness – internal):
Peluang (Opportunity – eksternal)
1.      Kegiatan ekstrakulikuler dapat memberi peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain.
Ancaman (Threat – eksternal)
1.      SMPN 35 Surabaya, terletak di Kota Surabaya, yaitu kota metropolitan yang dapat membawa pengaruh negatif untuk siswa.
2.      Globalisasi memicu kompetensi sumber daya manusia yang unggul.




TENAGA PENGAJAR
Kekuatan (strength – internal)
1.      Guru-guru SMPN 35 Surabaya hampir semua berlatar belakang S1 dan juda ada yang S2.
2.      Loyalitas dan integritas guru cukup besar
Kelemahan (Weekness – internal):
1.      Rasio guru berpendidikan S2 masih kurang
Peluang (Opportunity – eksternal)
1.      Guru diberikan keleluasaan untuk mengembangan metode pengajaran
2.      Pengembangan Profesi bagi tenaga pengajar sangat besar kesempatannya
3.      Adanya kesempatan bagi tenaga pengajar  untuk mengembangkan karir
Ancaman (Threat – eksternal)
1.      Globalisasi memicu kompetensi sumber daya manusia yang unggul.


KURIKULUM
Kekuatan (strength – internal)
1.      Prinsip kurikulum sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan
2.      Kurikulum dilaksanakan dengan pendekatan multi stategi dan multi media.
3.      Mempunyai kurikulum muatan lokal
4.      KKM yang diberikan cukup tinggi.
5.      Adanya peraturan yang jelas dan tegas.
6.      Kurikulum sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP
7.      SMP Negeri 35 Surabaya  memberikan layanan pengembangan diri melalui layanan terprogram dan layanan tidak terprogram  sesuai kebutuhan bakat dan minat peserta didik.
Kelemahan (Weekness – internal):

Peluang (Opportunity – eksternal)
1.      Pengembangkan Profesi bagi tenaga pengajar sangat besar kesempatannya.
Ancaman (Threat – eksternal)
1.      Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengalami perkembangan yang pesat dan beragam sehingga kurikulum mudah menjadi usang.



SARANA dan PRASARAN
Kekuatan (strength – internal)
1.      Fasilitas jaringan internet sudah tersedia.
2.      Lokasi yang cukup strategis dekat kecamatan, Kantor Kelurahan, Perpustakaan Umum Kota Surabaya dan Puskesmas
Kelemahan (Weekness – internal):
1.      Fasilitas yang tersedia di SMPN 35 Surabaya belum memadai.
2.      Sumber dana sekolah mengandalkan dana BOSNAS dan BOPDA.
Peluang (Opportunity – eksternal)
1.      Lembaga – lembaga di luar SMP Negeri 35 Surabaya dapat memberikan sumbangan bagi SMP Negeri 35 Surabaya.
Ancaman (Threat – eksternal)
1.      Perubahan teknologi yang semakin cepat
2.      Harga sarana dan prasarana khususnya alat-alat laboratorium dan literatur semakin tinggi



SUSANA BELAJAR
Kekuatan (strength – internal)
1.      Suasana belajar SMP Negeri 35 Surabaya sangat nyaman, jauh dari kebisingan dan pencemaran udara
2.      Adanya peraturan atau kalender pendidikan.
Kelemahan (Weekness – internal):
1.      Fasilitas belum memadai untuk menunjang proses KBM
Peluang (Opportunity – eksternal)
1.       Terprogramnya susunan kalender pendidikan membuat tepat waktu selesainya KBM.
Ancaman (Threat – eksternal)
1.      Adanya hubungan kerjasama dengan masyarakat maupun lembaga sekitar terjalin dengan baik.





PROSES PEMBELAJARAN

Kekuatan (Strength)

1.      Menggunakan metode pembelajaran  yang bervariasi sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh.
2.      Standarisasi jumlah tatap muka yaitu 38 jam per minggu.
3.      Pengembangan proses pembelajaran yang mengarah pada keseimbangan antara aspek teori dan praktikum.
4.      Pengembangan proses pembelajaran yang mengarah pada penguasaan metode, pendalaman materi dan penyusunan perangkat pembelajaran, sebagai bahan praktik pengalaman di lapangan.
5.      Adanya pembimbingan karir atau wali kelas.
Kelemahan (Weekness – internal):
1.      Adanya nilai remedial untuk penuntasan nilai.
Peluang (Opportunity – eksternal)
1.      guru diberikan keleluasaan untuk mengembangan metode pengajaran.
Ancaman (Threat – eksternal)
1.    Semakin meningkatnya syarat kualifikasi lulusan dari stake holders.
2.    Semakin kompleknya tuntutan masyarakat terhadap mutu sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar