daun

Rabu, 09 Oktober 2013

filsafat bahasa


Terkait Bahasa
Rizky Maulidah
112074041/PB2011
1.     Bahasa dalam filsafat, termasuk ilmu yang memiliki kedudukan kuat dalam tingkat kehidupan manusia, sebagai cara pengkajian filsafat itu yang menjadikan filsafat menjadi lebih kuat karena adanya bahasa yang menjadi tolok ukur keberhasilan ilmu filsafat itu sendiri

2.     Bahasa dalam filsafat bahasa, filsafat bahasa sendiri merupakan hasil hibrida dari ilmu filsafat yang merupakan induk segala ilmu dengan bahasa yang merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Filsuf menganggap bahwa bahasa adalah hal penting yang patut untuk menjadi sebuah objek yang kemudian dikaji oleh ilmu filsafat yang lalu melahirkan filsafat bahasa sebagai hasil akhirnya.

3.     Bahasa dalam ilmu bahasa itu sendiri adalah suatu studi tentang tanda atau lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, dan berinteraksi, baik pada tuturan maupun pada bentuk tulisan yang tidak hanya mengandung unsur-unsur bahasa tapi juga mengandung makna dan arti bahasa itu sendiri. Secara tidak langsung bahasa merupakan cikal bakal budaya manusia karenanya bahasa tidak dapat lahir semena-mena melainkan harus dengan kesepakatan pengguna bahasa tersebut.

4.     Pembelajaran bahasa adalah proses pengajaran bahasa pada makhluk hidup untuk mengubahnya dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Kaitan pembelajaran dengan bahasa dalam pembelajaran bahasa adalah dengan sistem pembelajaran yang baik akan menciptakan  hasil yang juga baik dan dengan metode yang tepat sebuah pembelajaran dapat dicapai dengan sangat maksimal baik oleh pembelajar dan pengajar.

5.     Bahasa dalam manusia, bahasa adalah satu-satunya pembeda yang menjadi ciri khas manusia di banding makhluk yang lain termasuk primata, yang merupakan makhlu hidup yang paling dekat “hubungannya” dengan manusia. Bahasa juga yang menjadi pematah teori Darwin, dengan bahasa manusia mengawali kehidupan mereka yang beradab. Bahasa menjadi jembatan untuk satu manusia dapat bersosialisasi dengan manusia yang lain dan menjalin sesuatu yang lebih berguna bagi kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar